LokerLampung.Net - Kementerian Sosial Republik Indonesia (disingkat Kemensos) dahulu Departemen Sosial (disingkat Depsos) adalah kementerian yang mempunyai tugas menyelenggarakan dan membidangi urusan dalam negeri di dalam pemerintahan untuk membantu presiden dalam penyelenggaraan pemerintahan negara di bidang sosial[1]. Kementerian Sosial dipimpin oleh seorang Menteri Sosial (Mensos) yang sejak tanggal 27 Oktober 2014 dijabat oleh Khofifah Indar Parawansa.


Kini Kementerian Sosial Republik Indonesia sedang membuka perekrutan pegawai, dengan kualifikasi dibawah ini : 


KRITERIA PELAMAR

Kebutuhan  dari masing-masing jabatan  sebagaimana tabel  di atas terbagi  atas 4 (em pat) jenis kriteria  dengan rincian sebagai berikut  :

Cumlaude adalah Pelamar Lulusan Terbaik (cumlaude/dengan   pujian) dari Perguruan Tinggi terakreditasi   A /  Unggul dengan Program Studi terakreditasi   A/Unggul  pada saat lulus dan dibuktikan  dengan keterangan lulus Cumlaude / Pujian pada ijazah atau transkip  nilai.
Disabilitas   adalah  pelamar  yang  menyandang   disabilitas/berkebutuhan     khusus  dengan kriteria   mampu  melakukan  tugas  seperti  : menganalisa,  mengetik,   menyampaikan   buah pikiran dan berdiskusi.

Putra/Putri    Papua  dan  Papua  Barat  adalah  pelamar  dengan  persyaratan   menamatkan pendidikan   5ekolah  Dasar (5D) sederajat,  5ekolah  Menengah   Pertama  (5MP)  atau  yang sederajat  dan 5ekolah  Menengah  Atas (SMA) atau yang sederajat  di wilayah  Papua atau Papua Barat yang dibuktikan  dengan fotokopi  ijazah yang dilegalisir,  atau berdasarkan garis keturunan   orang tua  (Bapak) Asli Papua atau  Papua Barat yang dibuktikan   dengan 5urat Akta Kelahiran pelamar,  Fotokopi  KTPBapak (ayah kandung pelamar) dan  surat keterangan hubungan  keluarga dari kelurahan/  desa.

Formasi Umum adalah pelamar yang tidak termasuk  kriteria  sebagaimana formasi  khusus di atas

Pelamar   sebagaimana   angka   1   (satu)   wajib    memenuhi    persyaratan    pelamar sebagaimana dalam pengumuman ini.

PERSYARATANPELAMAR

Warga Negara Republik Indonesia yang bertaqwa  kepada Tuhan Yang Maha Esa, setia dan taat kepada Pancasila, UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Tidak  pernah  dihukumpenjara  berdasarkan  putusan  pengadilan  yang tetap,  dan  atau  tidak sedang dalam proses peradilan sebagai terdakwa  dalam kasus tindak  pidana.
Tidak berkedudukan  sebagai CPN5/PN5/TNI/POLRI.

Tidak berkedudukan  sebagai pengurus dan atau anggota partai politik.
Tidak pernah diberhentikan"dengan hormattidak atas permintaan  sendiri"  atau "tidak  dengan hormat"sebagai  CPN5/PN5/TNI/POLRI atau  "diberhentlkan dengan  tidakhormat"sebagai pegawai swasta.

Memiliki  pendidikan  sesuai dengan persyaratan jabatan. sehat jasmani dan rohani. bebas dariOBT terlarang/Napza dari Rumah  5akit  Pemerintahsetempat  yang  masih  berlaku wajibdilengkapisetelah  peserta dinyatakan  lulus pada pengumuman  kelulusan terakhir). Siap dan  bersedia ditempatkanpada unit  kerja  Kementerian  Sosial yang tersebar  di seluruh wilayah Republik Indonesia sesuai formasi.

Mampu  mengoperasikan  komputer  minimal  program  Office  dan Internet.

Pelamar  memilikiIjazah  pendidikansesuai persyaratan  jabatandengan  penjelasan  sebagai berikut:

Pelamar Lulusan Terbaik  (Cumlaude/denganPujian)

Memiliki  jenjang  pendidikan  51 dengan  kualifikasi  pendidikan  sebagaimana  tabel  di atas ( Butir  II : 1, 2,3, 7, 10 dan 14) dan berasal dari Perguruan Tinggi terakreditasiA /  Unggul dengan Program  5tudi  terakreditasiA /  Unggul  pada  saat  lulus  dan  dibuktikandengan keterangan lulus Cumlaude / Pujian pada ijazah atau transkip  nilai.
Pelamar Penyandang Disabilitas/Berkebutuhan  Khusus.
Memiliki  jenjang  pendidikan  Dill sebagaimana tabel  (Butir  11.11  dan 11.13)  dari  Perguruan Tinggi terakreditasi dengan IPKsekurang-kurangnya  2,50 (dua kama lima nol)
Pelamar Putra/PutriPapua dan Papua Barat
Memilikijenjangpendidikan51  dan  DIV sebagaimana  tabel(Butir  II.  1  dan  II. 2)  dari
Perguruan Tinggi terakreditasidengan IPKsekurang-kurangnya  2,50 (dua koma lima nol). d.Pelamar Umum
Memiliki  jenjang  pendidikan  SMK dengan nilai pada Ijazah sekurang-kurangnya  6,00 (enam koma nol nol),  jenjang  pendidikan  DIII, DIV, S1 dari Perguruan Tinggi terakreditasidengan IPK sekurang-kurang  3,00  (tiga  koma  nol  nol)  dan 52 dari  Perguruan Tinggi terakreditasi Minimal  B dengan IPK sekurang-kurang  3,00 (tiga kama nol nol) serta kualifikasi  pendidikan sebagaimana tabel di atas.3
Batas Usia Pelamar. Sekurang-kurang    18 (delapanbelas)  tahun  pada  1 September2017  dan  setinggi-tingginya 35 (tiga  puluh  lima)  tahun  pada 1 Desember  2017.


TATA  CARA  PENDAFTARAN  DAN  PELAMARAN
Pendaftaran  daring  dimulai  pada tanggal  11 September  2017  sampai dengan tanggal  25 September 2017 jam 23.59 WIB.
Pelamar melakukan login pada portal PANITIASELEKSNI ASIONAL(PANSELNASd) engan alamat http://sscn.bkn.go.id dengan menggunakan Nomor  Induk  Kependudukan (NIK) pada Kartu Tanda Penduduk (KTP) /Nomor  Induk Kependudukan  pada Kartu Keluarga (KK) dan Nomor Kartu  Keluarga (KK). Pelamar yang telah  melakukan  pendaftaran  akan mendapatkan  akun untuk login ke portal CPNSKementerian Sosial.
Pelamar login  di  portal  CPNS Kementerian  Sosial dengan alamat  http://cpns.kemsos.go.id menggunakanNIK  danpassword  yang  telahdidaftarkan.Untukakses  dan  logindi http://cpns.kemsos.go.id diperlukan  waktu  3  (tiga)  jam  setelah  mendapatkan  akun  dari http://sscn.bkn.go.id.
Pelamar mengisi Formulir Pendaftaran secara lengkap.
Pelamar mengunduh  Formulir  Pendaftaran yang telah  diisi dan menandatanganinya di atas materai Rp.6000,-
Pelamar mengunggah hasil scan dokumen lamaran dalam format  pdf dalam 1 (satu) file yang meliputi:
Formulir Pendaftaran yang telah ditandatangani di atas materai Rp.6.000,-
Surat lamaran yang ditujukan  kepada Menteri  Sosial RI di Jakarta, yang diketik  dengan komputer  dan  ditandatangani dengan pena bertinta  hitam, bermaterai  Rp.6000,-. (format dapat diunduh dilaman http://cpns.kemsos.go.id.
Ijazah asli yang sesuai dengan persyaratan jabatan yang dilamar.
Transkip Nilai Asli.
KartuTandaPendudukAsliatauSuratketerangantelahmelakukanrekaman kependudukan yang dikeluarkan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil.
Khusus pelamar formasi Putra/i Papua dan Papua Barat selain mengunggah persyaratan diatas, juga mengunggah : Ijazah Asli jenjang SD,SMP, dan SMU serta Akte / Keterangan Lahir/ Keterangan Kepala Desa yang menerangkan bahwa pelamar asli Papua atau Papua Barat dari  garis keturunan orang tua (Bapak) asli dari Papua atau Papua Barat.
Pasfoto berlatar belakang warna merah ukuran 3x4.
Pada saat  mengisi Formulir  Pendaftaran daring,  pelamar dapat  memilih  lokasi SKD seperti daftar di bawah ini. Pilihan lokasi SKDtidaklah mutlak dapat dirubah berdasarkan kebutuhan oleh Tim Pelaksana PengadaanCPNSKementerian Sosial TA 2017
Tahapan Seleksi :
Seleksi Administrasi
Seleksi administrasi adalah pelaksanaan verifikasi dokumen lamaran yang telah diunggah dan mencocokannya dengan persyaratan dan data pelamar pada Formulir Pendaftaran.
Seleksi Kompetensi  Dasar (SKD) menggunakan Computer   Assisted   Test  (CAT) dengan bobot 40%.
Seleksi Kompetensi Bidang (SKB)dengan bobot 60%, meliputi:
Untuk SKB Jabatan Fungsional ( Butir II. 1. s/d  10 dan 13, 14 ) dengan materi  substansi jabatan menggunakan Computer  Assisted  Test (CAT).
Untuk Jabatan Pelaksana ( Butir  II. 11 dan 12 ) menggunakan metode  psikotes dengan kriteria disarankan dan tidak disarankan. Peserta yang dinyatakan lulus SKBadalah peserta yang mendapatkan kriteria disarankan dan hasilnya diintegrasikan dengan hasil SKD.